Bagian A Aspek Budaya Kedisiplinan bagi Warga Madrasah A.1. Siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktifitas sehari-hari di madrasah A.2. Guru hadir di madrasah melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah baik secara daring maupun luring A.3. Kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi dengan Surat Keputusan (SK) melakukan supervisi proses pembelajaran terhadap seluruh guru A.4. Siswa menunjukkan budaya berkomunikasi efektif baik luring ataupun daring, berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreatif daninovatif, serta dapat berkolaborasi dalam aktifitas sehari-hari. A.5. Siswa aktif membaca/meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan digital/ruang baca/pojok baca) A.6. Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan A.7. Madrasah secara rutin
melakukan pertemuan dengan guru dan tenaga kependidikan, dan komite
madrasah/perwakilan orang tua,dan yayasan (khusus madrasah swasta) untuk
melakukan evaluasi diri terhadap kinerja madrasah dalam rangka pemenuhan 8 Standar
Nasional Pendidikan baik secara daring maupun luring | Instrumen
|
Bagian B Aspek Budaya Melakukan Pengembangan Diri bagi Guru dan Tenaga Kependidikan B1. Kepala Madrasah aktif mengikuti kegiatan pengembangan diri B2. Guru aktif mengikuti KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi baik secara daring maupun luring B3. Kepala Madrasah membuat perencanaan program peningkatan mutu pembelajaran bagi guru B4. Tenaga kependidikan di madrasah aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop/bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan baik secara daring maupun luring | Instrumen |
Bagian C Aspek Budaya Guru Melakukan Penyiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Atas Proses Pembelajaran
C1. Guru mengembangkan Perangkat Pembelajaran sesuai ketentuan yang berlaku (Prota, Prosem, RPP, Media, dsb.) C2. Guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran C3. Guru menggunakan media pembelajaran (termasuk media berbasis TIK) yang sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran C4. Guru melakukan penilaian otentik dalam proses pembelajaran C5. Guru melakukan penilaian terhadap siswa C6. Guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perencanaan program remedial, pengayaan dan perbaikan proses pembelajaran C7. Madrasah menyelenggaraka n kegiatan remedial dan/atau pengayaan secara rutin | Instrumem |
Bagian D Aspek Budaya Madrasah Menyediakan Sarana Belajar untuk Guru dan Siswa D1. Madrasah menyediakan Buku teks dan bacaan, baik cetak maupun digital D2. Madrasah menyediakan Media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dalam bentuk nondigital D3. Madrasah menyediakan Media/ alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dalam bentuk digital D4. Guru menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran D5. Siswa menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran | Instrumen |
Bagian E Aspek Budaya Madrasah Melakukan Pengelolaan Anggaran yang Transparan dan Berorientasi pada Peningkatan Mutu E1. Madrasah menggunakan aplikasi EDM dan e-RKAM dalam menyusun perencanaan kegiatan dan melakukan pengelolaan keuangan madrasah E2. Madrasah menyediakan bantuan biaya bagi guru dan tenaga kependidikan untuk mengikuti kegiatan penguatan kapasitas yang dilaksanakan di luar madrasah E3. Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua siswa / masyarakat | Instrumen |